• +62 778 4688 28
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

PENGAWASAN DAN PEMBINAAN DARI PENGADILAN TINGGI PEKANBARU

            Pada hari Selasa, 24 November 2020 Pengadilan Negeri Batam menerima kunjungan Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru yakni YM. Bapak Dr. H. Soedarmadji, S.H., M.H  beserta rombongan. Kunjungan ini merupakan salah satu agenda kerja rutin dalam hal melakukan pengawasan, evaluasi, dan pembinaan secara berjenjang. Dalam kunjungannya, YM .Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru beserta rombongan berkesempatan meninjau pelayanan yang diberikan oleh Petugas meja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan meja e-Court.

            Acara dilanjutkan dengan pembinaan yang diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, Seluruh Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Pegawai dan tenaga honorer Pengadilan Negeri Batam bertempat di Ruang Sidang Utama Kusumah Atmadja. Acara diawali dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Bapak Wahyu Iman Santoso, S.H., M.H.  selaku Ketua Pengadilan Negeri Batam menyampaikan bahwa Pengadilan Negeri Batam sudah menerapkan Protokol kesehatan Pencegahan Covid-19 yang telah dianjurkan pemerintah. Dan dalam proses persidangan Perkara Pidana dan Perdata protokol kesehatan juga sudah dijalankan sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 4 Tahun 2020, sampai saat ini Pengadilan Negeri Batam telah melaksanakan Rapid Tes Covid-19 sebanyak 2 (dua) kali dan Alhamdulillah tidak ada yang positif. Acara Kemudian dilanjutkan dengan pembinaan oleh YM. Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru, dalam kesempatkan tersebut YM. Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru menyampaikan beberapa hal, diantaranya :

  1. Dalam menjalankan tugas dan fungsi untuk mendekati kriteria ideal maka harus dipersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang ideal untuk menghadapi modernisasi;
  2. Manajemen Resiko harus diseimbangkan;
  3. Infrastruktur yang baik harus didukung dengan anggaran yang ada;
  4. Pelayanan harus seimbang dan searah untuk mencapai tujuan yang baik dengan cara selalu diberi bimbingan dan pelatihan teknis;
  5. Dalam memberikan pelayanan atau service, maka mindset dan budaya kerja kita harus sudah siap menempatkan dirinya dalam menerima dan menjalankan tanggung jawab pekerjaan yang diberikan dan melaksanakan pelayanan sesuai SOP;
  6. Tidak lupa untuk selalu melakukan pengawasan melekat yang bertujuan agar semua melaksanakan pekerjaannya dengan penuh tanggung jawab.
  7. Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru meminta untuk tertib dalam Penetapan Putusan. Untuk menghasilkan Penetapan Putusan yang berkualitas harus dibuat oleh orang yang profesional dan tidak sama sekali melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN);
  8. Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru berharap seluruh Hakim Pengadilan Negeri Batam dalam melaksanakan legal justice, moral justice, dan social justice untuk selalu mengupdate diri dengan banyak membaca dan mengikuti perkembangan. Sehingga Hakim dapat menegakkan Hukun dan Keadilan dengan cara Obyektif dan Rasional.
  9. Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru menyampaikan bahwa Hakim Pengawas harus optimal dalam melakukan pengawasan, harus selalu memperhatikan syarat formal dan material selalu terpenuhi sehingga peningkatan kualitas dapat tercapai. Adapun dalam melakukan pengawasan agar dilakukan dengan komunikasi-komunikasi yang baik.

       Demikian Pembinaan sekaligus pembukaan pengawasan rutin oleh  YM. Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru di Pengadilan Negeri Batam. Semoga Pengadilan Negeri Batam tetap mempertahankan prestasi yang baik serta meningkatkan kualitas dan pelayanan untuk mewujudkan Badan Peradilan yang Agung.