Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Batam

Jalan Engku Haji Tua, Batam Centre, Teluk Tering, Kota Batam, Kepri

E-Learning Mahkamah Agung RI

Komunikasi Data Nasional Mahkamah Agung RI

Sistem Informasi Kepegawaian Mahkamah Agung RI

Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

SIPP Pengadilan Negeri Batam

Sistem Informasi Pengawasan Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI

Tugas Pokok & Fungsi

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

PENGADILAN NEGERI KLAS IA BATAM

asdad

Ketua Pengadilan

  1. Menyelenggarakan administrasi keuangan perkara dan mengawasi keuangan rutin/pembangunan
  2. Melakukan pengawasan secara rutin terhadap pelaksanaan tugas dan memberi petunjuk serta bimbingan yang diperlukan baik bagi para Hakim maupun seluruh karyawan
  3. Sebagai kawal depan Mahkamah Agung, yaitu dalam melakukan pengawasan atas :
    • Penyelenggaraan peradilan dan pelaksanaan tugas, para Hakim dan pejabat Kepaniteraan, Sekretaris, dan Jurusita di daerah hukumnya
    • Masalah-masalah yang timbul
    • Masalah tingkah laku/ perbuatan hakim, pejabat Kepaniteraan Sekretaris, dan Jurusita di daerah hukumnya
    • Masalah eksekusi yang berada di wilayah hukumnya untuk diselesaikan dan dilaporkan kepada Mahkamah Agung
  4. Memberikan izin berdasarkan ketentuan undang-undang untuk membawa keluar dari ruang Kepaniteraan: daftar, catatan, risalah, berita acara serta berkas perkara
  5. Menetapkan panjar biaya perkara; (dalam hal penggugat atau tergugat tidak mampu, Ketua dapat mengizinkan untuk beracara secara prodeo atau tanpa membayar biaya perkara)

Wakil Ketua Pengadilan

  1. Membantu Ketua dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaannya serta pengorganisasiannya
  2. Mewakili ketua bila berhalangan
  3. Melaksanakan delegasi wewenang dari ketua
  4. Melakukan pengawasan intern untuk mengamati apakah pelaksanaan tugas telah dikerjakan sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan yang berlaku serta melaporkan hasil pengawasan tersebut kepada ketua

Hakim

  1. Hakim Pengadilan adalah pejabat yang melaksanakan tugas Kekuasaan Kehakiman. Tugas utama hakim adalah menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan semua perkara yang diajukan kepadanya
  2. Dalam perkara perdata, hakim harus membantu para pencari keadilan dan berusaha keras untuk mengatasi hambatan-hambatan dan rintangan agar terciptanya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan

Panitera

  1. Kedudukan Panitera merupakan unsur pembantu pimpinan
  2. Panitera dengan dibantu oleh Wakil Panitera dan Panitera Muda harus menyelenggarakan administrasi secara cerrnat mengenai jalannya perkara perdata dan pidana maupun situasi keuangan
  3. Bertanggungjawab atas pengurusan berkas perkara, putusan, dokumen, akta, buku daftar, biaya perkara, uang titipan pihak ketiga, surat-surat bukti dan surat-surat lainnya yang disimpan di Kepaniteraan
  4. Membuat salinan putusan
  5. Menerima dan mengirimkan berkas perkara
  6. Melaksanakan eksekusi putusan perkara perdata yang diperintahkan oleh Ketua Pengadilan dalam jangka waktu yang ditentukan

Wakil Panitera

  1. Membantu pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaannya serta pengorganisasiannya
  2. Membantu Panitera didalam membina dan mengawasi pelaksanaan tugas-tugas administrasi perkara, dan membuat laporan periodik
  3. Melaksanakan tugas Panitera apabila Panitera berhalangan
  4. Melaksanakan tugas yang didelegasikan Panitera kepadanya

Panitera Muda

  1. Membantu pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaannya serta pengorganisasiannya
  2. Membantu Panitera dalam menyelenggarakan administrasi perkara dan pengolahan/penyusunan laporan sesuai dengan bidangnya masing-masing

Panitera Pengganti

  1. Membantu Hakim dalam persidangan perkara perdata dan pidana serta melaporkan kegiatan persidangan tersebut kepada Panitera Muda yang bersangkutan

Sekretaris

  1. Wakil Sekretaris Pengadilan bertugas menyelenggarakan administrasi Umum Pengadilan

Kepala sub – Bagian Umum & Keuangan

  1. Membuat gaji induk, gaji susulan, kekurangan gaji, uang makan, uang lembur, gaji ke-13, Remunerasi dan pertanggungjawabannya.
  2. Mengajukan UP/TUP dan penggantian UP/TUP ke KPPN sesuai dengan PMK No. 190/PMK.05/2012.
  3. Membuat SPP menggunakan aplikasi SPM dan menyimpan back up datanya.
  4. Menerima, membukukan, menyetorkan kepada Bank Persepsi, serta melaporkan pembukuan disertai bukti penyetoran PNBP kepadaSekretaris dan ke Korwil setiap bulan.
  5. Menerima,menyimpan, membayar tagihan dan mempertanggung jawabkannya dengan cara menginput dalam aplikasi SILABI.
  6. Memungut pajak baik itu PPN, PPH 21, PPH 22, PPH 23, dan melaporkannya ke kantor pajak paling lambat tanggal 14 setiap bulan.
  7. Membuat LPJ bendahara penerimaan dan bendahara pengeluaran dan melaporkannya kepada KPPN.
  8. Membuat Laporan bulanan menggunakan aplikasi SAPLA dan mengajukan rekonsiliasi ke KPPN setiap bulan paling lambat 7 hari kerja diawal bulan.
  9. Membuat laporan realisasi anggaran dan melaporkannya ke KORWIL.
  10. Membuat laporan TRIWULAN (PP No. 39 tahun 2006/aplikasi Bapennas) dan membuat laporan semester, tahunan (catatan atas laporan keuangan).
  11. Membina dan melaksanakan urusan tata usaha dan kearsipan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  12. Pengelolaan surat masuk/keluar.
  13. Pengadaan ATK.
  14. Pengelolaan Perpustakaan.
  15. Perawatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana gedung kantor/rumah dinas.
  16. Keamanan kantor.
  17. Membuat laporan Simak BM

Kepala sub – Bagian Kepegawaian & Tata Laksana

Kedudukan Kepala Bagian Kepegawaian adalah unsur pembantu Sekretaris yang:

  1. Melaksanakan sebagian tugas dalam mengelola dan membina adminstrasi kepegawaian di Pengadilan Negeri Batam.
  2. Menyelenggarakan sumpah Pegawai Negeri Sipil.
  3. Mengusulkan pembuatan Kartu Pegawai, Kartu Taspen, Karis/Karsu.
  4. Mengusulkan kenaikan pangkat, kenaikan Gaji Berkala.
  5. Membuat usulan pengangkatan dalam jabatan berdasarkan pimpinan dan BAPERJAKAT.
  6. Membuat daftar urut kepangkatan (DUK).
  7. Membuat daftar Bezetting.
  8. Mengisi aplikasi komdanas.
  9. Pelaksanaan Rapat/Tatap muka

Kepala sub – Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan

  1. Membuat dan menyusun RKAKL dan data pendukung kelengkapan untuk diserahkan ke Pengadilan Tinggi Pekanbaru.
  2. Menyusun rencana pembinaan dan peningkatan SDM
  3. Menyusun rencana perancangan implementasi dan pemeliharaan sistem informasi
  4. Meningkatkan kualitas data yang lebih akurat dan tepat waktu
  5. Meningkatkan layanan kepada pengguna pengadilan
  6. Meningkatkan laporan dukungan
  7. Membuat adminsitrasi inventaris perangkat IT
  8. Proses Penyempurnaan Website PN
  9. Menghimpun laporan dari masing-masing bagian kepaniteraan dan kesekretariatan
  10. Membuat data evaluasi dan laporan kegiatan layanan informasi

Jurusita

  1. Jurusita bertugas untuk melaksanakan semua perintah yang diberikan oleh Hakim Ketua Majelis
  2. Jurusita bertugas menyampaikan pengumuman-pengumuman, teguran-teguran, protes-protes dan pemberitahuan putusan pengadilan
  3. Jurusita melakukan penyitaan atas perintah Ketua Pengadilan Negeri
  4. Jurusita membuat berita acara penyitaan, yang salinannya kemudian diberikan kepada pihak-pihak terkait