Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Batam

Jalan Engku Haji Tua, Batam Centre, Teluk Tering, Kota Batam, Kepri

E-Learning Mahkamah Agung RI

Komunikasi Data Nasional Mahkamah Agung RI

Sistem Informasi Kepegawaian Mahkamah Agung RI

Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

SIPP Pengadilan Negeri Batam

Sistem Informasi Pengawasan Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI

Berita Mahkamah Agung

Berikut ini adalah berita terbaru Mahkamah Agung Republik Indonesia

  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Rapat Pleno Kamar Mahkamah Agung

      jakarta " Humas : Rapat Pleno Kamar Mahkamah Agung Tahun 2017, Dibuka Oleh Ketua Mahkamah Agung, Pada Hari Rabu, 22 November 2017, Bertempat Di Hotel Intercontinental, Bandung. Sejak Sistem Kamar Diberlakukan Di Mahkamah Agung Pada Akhir Tahun 2011, Sudah Banyak Hasil Rumusan Hukum Yang Dihasilkan Pada Setiap Rapat Pleno Kamar Melalui Surat Edaran Sebagai Pedoman Pelakanaan Tugas Penanganan Perkara Bagi Pengadilan Tingkat Pertama Dan Banding. Dalam Sambutannya Ketua Mahkamah Agung Prof . Dr. M. Hatta Ali, Sh., Mh Memaparkan Bahwa Rapat Pleno Kamar Merupakan Wadah Untuk Mewujudkan Kesatuan Penerapan Hukum Dan Konsistensi Putusan, Meningkatkan Profesionalitas Hakim Agung Dan Mempercepat Proses Penyelesaian Perkara, Selain Itu Juga Ketua Ma Menjelaskan Tentang Perbandingan Sistem Kamar Di Hoge Raad Belanda Dengan Mahkamah Agung Ri.

      sedangkan Wakil Ketua Mahkmah Agung Bidang Yudisial Selaku Penanggung Jawab Kegiatan Ini, Menjelaskan Capaian Capaian Lembaga Mahkamah Agung Pada Bidang Kesekretariatan Dalam Kurun Waktu Tahun 2012 " 2017, Yaitu Berupa Piagam Penghargaan Dari Pemerintah Yang Diberikan Langsung Oleh Presiden Ri Atas Predikat Wtp 5 Kali Secara Berturut Turut, Ma Mendapat Juara I Atas Kepatuhan Pelaporan Barang Milik Negara (bmn) Dan Juga Ma Mendapat Penghargaan Dari Kementerian Dalam Negeri Katagori Dukcapil Selaras Atas Kebijakan Skala Nasional Yang Berdampak Luas Terhadap Peningkatan Kwalitas Data Dan Dokumen Kependudukan.

      terakhir Panitera Mahkamah Agung Mengutarakan Perkara Yang Ditangani Oleh Mahkamah Agung Pada Periode Januari S.d Oktober 2016 Sebanyak 16.012 Perkara. Jumlah Ini Terdiri Dari Sisa Perkara Tahun 2016 Sebanyak 2.357 Perkara Dan Perkara Yang Diterima Di Periode Tersebut Sebanyak 13.655 Perkara. Jumlah Perkara Yang Telah Diputus Sebanyak 13.394 Perkara Sehingga Sisa Perkara Pada 31 Oktober 2017 Sebanyak 2.618 Perkara. Jumlah Perkara Masuk Meningkat 8,95% Dibandingkan Dengan Periode Yang Sama Di Tahun 2016, Yang Berjumlah 12.533. Jumlah Perkara Yang Diputus Juga Meningkat 2, 86%, Jika Dibandingkan Dengan Periode Yang Sama Di Tahun 2016 Yang Berjumlah 13.022 Perkara. Jumlah Perkara Pada Akhir Oktober 2017 Berkurang 24,36% (843 Perkara) Jika Dibandingkan Sisa Perkara Pada Akhir Tahun 2016 Yang Berjumlah 3.461 Perkara.

      dalam Hal Memutus Perkara, Ma Telah Menunjukan Kinerja Terbaiknya Sejak Diberlakukan Ketentuan Jangka Waktu Penanganan Perkara Di Akhir 2014. Majelis Hakim Agung Berhasil Memutus 91,16% Perkara Kurang Dari 3 Bulan. Ketepatan Waktu Memutus Ini Meningkat 10,41% Dari Capaian Tahun 2017 Yang Angka Prosentasenya Sebesar 80, 75%, Ucap Mantan Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta.tersebut.

      acara Yang Berlangsung Dari Tanggal 22 " 24 November 2017 Ini , Dihadiri Oleh Para Ketua Kamar, Hakim Agung, Para Hakim Adhoc Pada Mahkamah Agung , Pejabat Eselon I, Ii, Panitera Muda, Panitera Pengganti Dan Hakim Yustisial. (humas)

    • Mahkamah Agung Ri Mengembangkan Manajemen Anti Suap

      maluku Utara " Humas, Tanggal 20 Nopember 2017. Ketua Kamar Pengawasan Ym. Bapak Dr. H. Sunarto, Sh.m.hum, Ym. Bapak Dr. Ibrahim, Sh. Mh., Llm., Ym. Ibu Maria Anna Samiyati, Sh. Mh. Memberikan Materi Dalam Consulting Dalam Rangka Rapat Koordinasi Peningkatan Pengawasan 4 Lingkungan Peradilan Se Wilayah Maluku Utara, Tanggal 17-18 Nopember 2017. Ketua Kamar Pengawasan Menyampaikan Bahwa Mahkamah Agung Saat Ini Sedang Mengembangkan Menajemen Anti Suap Dan Anti Kkn Sebagai Upaya Untuk Mewujudkan Visi Dan Misi Mahkamah Agung.

      mahkamah Agung Akan Terus Menerus Meningkatkan Upaya Pengawasan Dan Pembinaan Sebagai Strategi Melakukan Penyadaran Dan Meningkatkan Integritas Serta Menumbuhkan Budaya Malu, Karena Rasa Malu Merupakan Ciri Kesempurnaan Akhlaq Aparatur. Harga Diri Manusia Terletak Pada Memiliki Rasa Malu.

      membangun Kepercayaan Public Sangat Penting Dilakukan Yang Diawali Dengan Merubah Budaya Kerja ( Culture Set ). Diharapkan Perubahan Budaya Kerja Tumbuh Dari Dalam Pikiran Diri Sendiri ( Mindset), Yang Berkomitmen Meninggalkan Perbuatan Tercela Dan Melakukan Perbuatan Yang Terpuji. Mengubah Budaya Kerja Yang Dimulai Dari Mengubah Pikiran Dirinya Sendiri Akan Melahirkan Ethos Kerja Yang Tinggi.

      pengawasan Yang Didalamnya Juga Menyampaikan Materi Pembinaan , Dipandu Oleh Bapak Aviantara, Sh. Mh, Inspektur Wilayah Iv Badan Pengawasan Mahkamah Agung Mendapatkan Respon Positif Dari Para Peserta, Yaitu Para Panitera Dan Sekretaris Diwilayah Hukum Maluku Utara. Dalam Kesempatan Ini Dr. H. Sunarto, Sh. M.hum. Juga Menyampaikan Pentingnya Keteladanan Atau Role Model. Pimpinan Ideal Harus Mampu Menjadi Dan Memberikan Keteladanan Yang Baik.

      pimpinan Mahkamah Agung Masih Menganggap Penting Melakukan Pengawasan Dan Didalammya Juga Melakukan Pembinaan Secara Langsung. Ibu Maria Anna Samiyati Mengingatkan, Bahwa Pengadilan Merupakan Lembaga Pelayanan, Maka Semua Aparat Pengadilan Harus Sadar, Bahwa Dirinya Bekerja Untuk Melayani Dan Bukan Minta Dilayani. Sementara Dr. Ibrahim, Sh. Mh. Llm Menyatakan Bahwa Pertemuan Ini Merupakan Upaya Sillaturahmi. Sillaturrahmi Merupakan Upaya Menyambung Satu Kesatuan Rasa Dari Mahkamah Agung Sampai Ke Pengadilan Tingkat Pertama. Semua Aparatur Wajib Saling Mengingatkan Agar Berbuat Baik Serta Senantiasa Bersabar.

      dalam Upaya Mendapatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Diharapkan, Kreterianya Harus Jelas, Antara Lain Memiliki Integritas Moral Yang Tinggi, Jujur, Arif Dan Bijaksana Dan Mandiri. Sifat Sifat Tersebut Merupakan Watak Dan Jiwa Pembawaan Dari Lahir. Sifat Sifat Tersebut Dikelola Dengan Baik Maka Akan Melahirkan Sikap Yang Mulia Dan Diharapkan ; Antara Lain Adil, Disiplin, Tanggung Jawab, Menjunjung Tinggi Harga Diri, Rendah Hati Dan Professional.

      kabiro Hukum Dan Humas Mahkamah Agung Ri.

    • Dirjen Badimiltun Membuka Acara Seleksi Calon Hakim Militer

      jakarta " Humas : Dirjen Badimiltun Dr. Mulyono, S.h., S.i.p., Mh, Didampingi Hakim Agung Dr. Drs. Burhan Dahlan, S.h., M.h, Membuka Acara Kegiatan Seleksi Calon Hakim Militer. Dalam Laporannya Dirbin Ganisminmil Brigjen Tni Agung Iswanto, S.h., M.h. Menyampaikan Bahwa Jumlah Peserta Yang Mengikuti Seleksi Calon Hakim Militer Sebanyak 117 Peserta Yang Dinyatakan Telah Lulus Tahap Seleksi Administrasi Pada Waktu Sebelumnya Dari Total Jumlah Pendaftar Sebanyak 123 Orang. Dengan Demikian Yang Dinyatakan Tidak Lulus Tahap Seleksi Awal Berjumlah 6 Orang. Kemudian Para Peserta Yang Dinyatakan Lulus Seleksi Tersebut Berhak Untuk Mengikuti Tahapan Seleksi Selanjutnya Berupa Seleksi Psikotest Yang Akan Dilaksanakan Pada Hari Selasa, 14 November 2017 Berupa Psikotest Menggunakan Paper/pensil Dan Rabu, 15 November 2017 Psikotest Dengan Computerized Dilanjutkan Dengan Test Akademik Computerized. Terakhir Pada Hari Kamis, 16 November 2017 Test Akademik Berupa Essai, Uraian Dan Pembuatan Makalah.

      sedangkan Dirjen Badimiltun Menghimbau Agar Para Peserta Untuk Serius, Berkonsentrasi Penuh Dan Jangan Melakukan Hal-hal Yang Akan Merugikan Diri Sendiri Ataupun Institusi Sehingga Nantinya Akan Didapat Para Calon Hakim Militer Yang Berintegritas Tinggi, Intelektual, Berkapasitas Dan Berkemampuan Baik Serta Konsisten Dalam Menjalankan Amanah Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Performa Pengadilan Militer Guna Mewujudkan Visi Dan Misi Mahkamah Agung Republik Indonesia. Pengumuman Para Peserta Yang Lulus Seleksi Ini Akan Diberitahukan Lewat Website Www.ditjenmiltun.net Pada Hari Jumat, 17 November 2017. Kemudian Para Peserta Yang Telah Dinyatakan Telah Lulus Tahapan Seleksi Tersebut Akan Melanjutkan Pada Tahapan Seleksi Wawancara Yang Akan Diselenggarakan Pada Hari Senin, 20 November 2017 Dan Selasa, 21 November 2017 Bertempat Di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung R.i. Lantai 11, Jl. Jend. A.yani Kav. 58 Bypass Cempaka Putih Jakarta Pusat.

      acara Yang Berlangsung, Selasa, 14/11/2017 Di Gedung Indoor Training Dispsiau Halim Perdanakusuma, Dihadiri Oleh Kadilmiltama Marsda Tni Bambang Aribowo, S.h., M.h., Sekretaris Ditjen Badilmiltun Jeanny Hv. Hutauruk, S.e., Ak., M.m. Serta Beberapa Tamu Undangan Lain Seperti Kababinkum, Kadispsiau, Aspers Tni Dan Ka Bawas Ma-ri Atau Yang Mewakilinya. (humas)

    • Mahkamah Agung Prihatin Musibah Yang Menimpa Ketua Pengadilan Negeri Bau-bau

      jakarta-humas: Selasa, 14 November 2017. Mahkamah Agung Menyatakan Prihatin Atas Musibah Yang Menimpa Saudara Joko Saptono, Ketua Pengadilan Negeri Bau-bau Atas Dugaan Sementara Melakukan Percobaan Bunuh Diri Akibat Mengalami Depresi Berat Atau Paranoid. Kejadian Tersebut Terjadi Di Rumah Dinas.

      menurut Keterangan Istrinya, Sekitar Pukul 02.00 Wita, Joko Saptono Ditemukan Bersimbah Darah Dengan Luka Di Bagian Perut Sampai Ususnya Keluar Dan Pergelangan Tangan Kiri. Atas Kejadian Tersebut Joko Saptono Dilarikan Dengan Ambulan Ke Rumah Sakit Siloam Setempat.

      sampai Saat Ini Mahkamah Agung Belum Dapat Memastikan Motif Dan Kronologi Kejadian Yang Sebenarnya, Karena Istrinya Juga Mengalami Stress Berat Dan Joko Saptono Masih Haru Dilakukan Penanganan Oleh Pihak Rumah Sakit Siloam. Kita Berharap Joko Saptono Dapat Sembuh Secepatnya, Agar Secepatnya Pula Dapat Diketahui Motif Dan Kronologis Yang Sebenarnya. (kepala Biro Hukum Dan Humas)

    • Kma Menerima Perwakilan Dari Usaid

      jakarta " Humas : Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, Sh., Mh, Didampingi Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Sekretaris Mahkamah Agung Dan Kepala Biro Hukum Dan Humas Menerima Perwakilan Dari Usaid ( United States Agency For International Development ) David Moore, Bertempat Diruang Kerja Ketua Mahkamah Agung, Selasa (14/11/2017). (humas)